Penyebab Kulit Wajah Kering dan Kasar serta Cara Mengatasinya

Kulit Wajah Kering dan Kasar

Memiliki kulit yang cerah adalah keinginan semua orang. Tetapi salah satu masalah kulit wajah adalah kulit yang kering dan kasar akan membuat kita terlihat lebih tua. Bukan hanya itu, kulit yang kering dan kasar juga dapat memicu timbulnya masalah jerawat, kulit keriput serta penuaan dini. Bahkan jika dibandingkan dengan kulit yang berminyak dan berjerawat, wanita lebih takut dengan kulit kering dan kasar ini. Ketika kita memiliki kulit yang kering dan kasar, tidak menutup kemungkinan jika kepercayaan diri kita juga menurun.

Jika di tinjau dari medis, kulit kering merupakan gangguan kesehatan yang disebut dengan iktiosis, yakni kondisi di mana kita akan kehilangan tingkat kelembaban alami pada lapisan kulit epidermis.Bila terus dibiarkan, kondisi ini dapat berdampak negatif bagi kulit kita secara keseluruhan, pada masalah ini kita akan kehilangan elastisitas kulit, gangguan kulit yang sensitif, munculnya bercak kemerahan seperti terbakar, dan kita akan sangat merasa kulit lebih sensitif dengan perubahan cuaca dan cahaya matahari.

Penyebab

  1. Banyak sekali penyebab kulit menjadi kering dan kasar, berikut ini adalah beberapa penyebab yang menyebabkan kulit wajah kita menjadi kering dan kasar       :
  2. Salah satunya adalah karena faktor genetik, ketika kita memiliki keturunan dengan kulit kering dan kasar maka bisa saja kulit kita juga seperti itu.
  3. Suhu, ketika kita memaparkan tubuh kita dengan cahaya matahari yang suhunya cukup tinggi ini yang dapat menyebabkan kulit kita menjadi kering, kusam, dan kasar.
  4. Polusi udara,
  5. Dehidrasi kulit, kerap membuat kulit kita menjadi kering serta kasar.
  6. Selain itu, faktor gaya hidup juga sangat mempengaruhi timbulnya kulit kering seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan
  7. Kekurangan air putih.

Mengatasi Kulit Muka Kering dan kasar

  • Pelembab

Faktor paling cukup penting bagi perawatan kulit kasar serta kering adalah dengan melembabkannya. Untuk itu, menggunakan pelembab yang bahan dasarnya terbuat dari susu atau krim ekstrak adalah cara yang tepat. Semakin banyak kita menggosok pelembab pada kulit yang kasar, semakin cepat juga kita mendapat perubahan dalam kualitas kulit.

  • Scrub

Kulit kasar biasanya disebabkan karena terdapat sel-sel kulit mati dan rusak yang tak bisa mengelupas. Untuk itu, kita juga perlu menggunakan scrub setidaknya seminggu sekali.Menggosokkan scrub pada daerah kulit yang kering dan kasar selama 10-15 menit lalu bilas dengan air. Kemudian mengoleskan pelembab pada kulit agar kulit tetap lembab dan kenyal. Hindari menggosok terlalu keras karena dapat membuat kulit kita iritasi dan terluka.

  • Hindari sabun yang bikin kulit kering

Sabun yang mengandung bahan kimia dapat membuat kulit kita jadi kusam dan kering. Untuk itu, disarankan agar kita memilih sabun yang fungsinya dapat melembabkan kulit serta membuatnya tetap lembut. Ada beberapa jenis sabun formulanya diperuntukkan untuk kulit yang kering, inilah jenis sabun yang perlu kita beli.

  • Mengatasi stres

Stres juga  dapat menyebabkan masalah kulit dan penyakit. Agar kulit kita tetap sehat, maka buatlah diri kita tetap bahagia dan rileks serta jauh dari stres. Mengambil kelas yoga, spa atau melakukan meditasi secara teratur agar lebih rileks.

  • Makan makanan sehat dan perbanyak air putih

Perbanyak konsumsi air putih dan makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak nutrisi penting untuk merawat kulit. Memilih aneka sayur dan buah disarankan yang kaya akan vitamin A, E dan juga C.

Sekian artikel dari glowy kali ini, mengenai kulit muka yang kasar dan kering. ada beberapa cara mengatasinya dan hal tersebut juga terjadi karena beberapa sebab. Semoga bermanfaat 🙂

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *